banner image

BLOG

APA KEGUNAAN BLOG ? APA YANG HARUS SAYA TULIS DALAM BLOG SAYA ?

Blog adalah suatu tempat di mana anda dapat menulis berbagai hal sebagai entri blog. Hal-hal tersebut bisa berupa hobi anda, sesuatu yang anda baru saja pelajari atau pertanyaan mendetil mengenai hal yang ingin anda pelajari. Pendek kata, blog berfungsi sebagai media komunikasi antara anda dengan ratusan juta pengguna internet di seluruh dunia. Beberapa di antara mereka mungkin saja meninggalkan masukkan yang berharga dalam bentuk komentar.

Secara pribadi, saya telah mempelajari berbagai hal dalam pemrograman dengan cara blogging. Misalnya setelah saya memposting sebuah entri mengenai sebuah percobaan dengan Simulator Gravitasi Newtonian (di blog yang lama), seseorang memberikan informasi mengenai cara membuat Simulator Gravitasi yang juga mempertimbangkan efek Relativitas Umum. Dari sana selain saya belajar sedikit mengenai Relativitas Umum, saya juga mempelajari kata-kata baru dalam bahasa inggris yang berhubungan dengan Astronomi dan juga cara menulis Persamaan Differensial dalam bentuk Vektor. Dalam kesempatan lain, setelah saya memposting entri lain mengenai website baru saya, seseorang memberi tahu (lewat komentar) bahwa ia menemukan sebuah kesalahan di dalam website tersebut.

Ditambah lagi, blogging memberi saya kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan menulis dalam bahasa inggris. Ada beberapa orang yang cukup baik untuk memberi tahu saya mengenai kesalahan-kesalahan dalam tata bahasa yang sering saya lakukan dalam penulisan entri. Dengan membuat Orinetz Blog, saya berharap untuk mendapatkan kesempatan mempraktekkan kemampuan menulis saya dalam bahasa-bahasa yang lain.

Blogger yang berbeda mempunyai motif yang berbeda untuk melakukan blogging. Blog Hobbyist seperti Animearimasu blog adalah daftar anime yang telah ditonton oleh sang blogger dan pendapat sang blogger mengenai anime tersebut. Blog Perusahaan seperti Adsense blog digunakan untuk memberitahu webmaster pengguna adsense mengenai informasi terkini dari perusahaan.

Perbandingan antara blogging dan membuat web



Perbedaan antara blogging dan membuat web terletak pada jumlah pilihan dan seberapa mudah anda menemukan apa yang anda inginkan. Semakin banyak pilihan yang diberikan, semakin sulit untuk menentukan pilihan anda.

Membuat web memerlukan pengetahuan yang tidak sedikit mengenai HTML dan bagaimana mengelola sebuah web. Kesalahan kecil seperti meletakkan file HTML atau file gambar di tempat yang salah, dapat membuat tampilan web anda kacau. Blogging hanya memerlukan sedikit pengetahuan mengenai HTML. Bahkan dalam banyak kasus, blogger tidak perlu tahu mengenai HTML sama sekali. Cukup tulis apa yang anda ingin tulis dan post tulisan anda, dan tulisan itu akan tampil di dalam blog anda.

Tentu saja ada banyak hal-hal menarik yang tidak dapat dilakukan dengan blogging yang dapat anda lakukan dengan membuat web. Misalnya, anda tidak dapat memposting aplikasi Javascript sebagai entri blog anda. Namun jika yang anda inginkan hanyalah menulis sesuatu untuk dibaca dan direspon, blogging adalah pilihan yang baik untuk anda.

Mengapa penulis membuat Orinetz Blog ?

Setelah melakukan blogging cukup lama, saya menyadari bahwa servis blogging yang saya gunakan tidak memiliki beberapa fitur yang saya inginkan. Hal ini bukan salah siapapun. Orang yang berbeda menginginkan hal-hal yang berbeda dan fitur-fitur yang berbeda. Tidak ada satupun blogging service yang dapat memenuhi kebutuhan setiap orang. Secara pribadi, saya mempunyai dua alasan untuk membuat Orinetz Blog.

Pertama, saya senang mempelajari berbagai bahasa, baik bahasa manusia maupun bahasa pemrograman. Blogging service saya yang lama tidak memiliki fitur ( atau mungkin saya terlalu malas untuk mencari fitur tersebut ) untuk menampilkan entri-entri saya dalam bahasa yang lain. Tentu saja bukan hal yang mustahil untuk menggunakan aplikasi penerjemah online untuk menampilkan segala website dalam bahasa lain. Namun bahkan aplikasi penerjemah online tercanggih pun tidak dapat menerjemahkan dengan baik. Saya sendiri telah mempelajari 5 bahasa manusia dan tidak ada dua bahasa yang memiliki aturan tata bahasa yang sama.

Menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain tidaklah semudah mengganti kata-kata dari satu bahasa dengan kata-kata dari bahasa yang lain. Ada masalah-masalah terkait kebudayaan dan perbedaan cara berpikir yang harus dimengerti untuk mendapatkan hasil terjemahan yang baik. Fakta bahwa arti sebuah kata atau kalimat bergantung pada konteks percakapan juga menambah kesulitan tersendiri. Jika anda ingin apa yang anda tulis diterjemahkan dengan baik, cara yang paling baik adalah menerjemahkannya sendiri. Jika anda tidak menguasai bahasa tujuan, minta bantuan orang yang benar-benar mengerti kedua bahasa dengan baik untuk menerjemahkannya untuk anda. Kedua cara ini adalah yang terbaik sampai seseorang menemukan cara membuat aplikasi penerjemah Kecerdasan Buatan dengan kecerdasan setara manusia. Itulah mengapa saya membuat fitur terjemahan di dalam Orinetz Blog.

Kedua, saya sangat menyukai matematika dan diskusi mengenai matematika memerlukan pertukaran berbagai persamaan dan grafik. Informasi berupa gambar pada umumnya tidak dapat disertakan dalam komentar untuk blog. Di Orinetz, anda dapat memilih untuk memberikan komentar berupa teks atau balasan dalam bentuk entri blog. Balasan berupa entri blog ini akan ditampilkan di sebelah kiri entri blog teman anda. Karena balasan ini berupa entri blog, maka anda dapat memasukkan berbagai gambar di dalamnya.

Apa yang harus saya tulis dalam blog saya?

Internet adalah tempat di mana ratusan juta orang saling berbagi informasi. Lewat internet kita dapat mempelajari banyak hal. Adalah hal yang wajar dalam pemikiran saya, jika informasi yang kita dapat melalui internet, kita bagikan ke orang-orang yang membaca blog kita dalam bahasa kita masing-masing.
BLOG BLOG Reviewed by MORA ID on 9:17 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.